DIKLAT PRAJABATAN CPNS PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN UTARA

  • 0

DIKLAT PRAJABATAN CPNS PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Tags :

Category : Artikel , Berita

Untuk pertama kalinya Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menyelenggarakan Diklat Prajabatan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Umum Tahun 2014. Diklat Prajabatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Diklat Kota Tarakan. Diklat tersebut dimulai pelaksanaannya tanggal 15 Juni s.d. 1 Oktober 2015 bertempat di Badan Diklat Kota Tarakan Jl. Belimbing Kelurahan Kampung Empat Kecamatan Tarakan Timur yang terdiri dari 8 angkatan dengan 289 peserta.

1

Gb. Peserta Diklat Prajabatan berbaris menuju ruang kelas

Menurut Muhamad Ishak, SE. MM. (Kepala Biro Kepegawaian dan Diklat Seketariat Daerah Provinsi Kalimantan Utara), pelaksanaan Diklat Prajabatan dengan pola baru ini bertujuan untuk membentuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh nilai-nilai dasar profesi PNS, sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat. Dengan demikian penyelenggaraan Diklat Prajabatan dapat mewujudkan PNS yang profesional.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah sebagai unsur utama sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara yang mempuyai peranan menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan. Sosok PNS yang mampu memainkan peranan tersebut adalah PNS yang mampunyai kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilaku yang penuh dengan kesetiaan dan ketaaan kepada Negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayanan public, serta mampu menjadi perekat dan kesatuan bangsa. Untuk dapat membentuk sosok PNS profesional seperti tersebut diatas perlu dilaksanakan salah satu tahapan manajemen ASN melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri sipil (PNS), ditetapkan bahwa salah satu jenis diklat tersebut  adalah Diklat Prajabatan.

2

Gb. Suasana proses belajar didalam kelas Diklat Prajabatan

Diklat Prajabatan pola baru ini diselenggarakan dengan mengacu pada ketentuan – ketentuan sebagai berikut :

1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara;
2. Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil;
3. Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 38 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan     Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III;
4. Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 39 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan I dan II.

3

Gb. Peserta Diklat Prajabatan melakukan outbound di Pantai Amal Tarakan

Untuk mencapai kompetensi PNS yang profesional, struktur kurikulum Diklat Prajabatan CPNS Golongan III dan Diklat Prajabatan CPNS Golongan I dan II sama-sama memiliki dua tahap pembelajaran yaitu:Tahap Internalisasi

1. Nilai–Nilai Dasar Profesi PNS;
2. Tahap Aktualisasi Nilai–Nilai Dasar Profesi PNS.

Disamping kedua tahap pembelajaran di atas, Peserta Diklat Prajabatan juga dibekali dengan kemampuan untuk menjelaskan visi, misi, tugas pokok, fungsi, dan kebijakan instansinya dalam pelaksanaan tugas jabatannya, melalui ceramah umum/Muatan Teknis Substansi Lembaga.


Loading Facebook Comments ...