ASSESSMENT PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN UTARA

  • 0

ASSESSMENT PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Category : Berita

 

Pelaksanaan Assessment Dalam Rangkaian Pelaksanaan Seleksi Terbuka JPT Di Lingkungan Pemprov Kaltara dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, H. Udin Hianggio, B.Sc.  Laporan Panitia disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Muhamad Ishak,SE,MM. Kepala Badan Kepegawaian Daerah menyampaikan, assessment diikuti oleh 68 Peserta yang berasal dari berbagai macam daerah. Dari jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebanyak 48 orang, dari jajaran Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Utara sebanyak 15 orang, dari Luar Provinsi Kalimantan Utara seperti dari Provinsi Kalimantan Timur sebanyak 2 orang, Kementerian Dalam Negeri sebanyak 1 orang, Kementerian Kehutanan sebanyak 1 orang dan Kementerian Keuangan sebanyak 1 orang. Jumlah peserta berdasarkan gender terdiri dari 62 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Kalimantan Utara mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut berkontribusi dalam penyelenggaraan  Seleksi Terbuka JPT Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara menjelaskan pada dasarnya pelaksanaan uji kompetensi, ini adalah sebagai wujud amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Permenpan RB No. 13 Tahun 2014. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan profil kompetensi para calon pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan  Pemprov Kaltara melalui pengukuran secara sistematis untuk dapat dijadikan acuan oleh pemegang kebijakan di bidang kepegawaian sebagai bahan pertimbangan. Cara ini dapat menunjukan bahwa pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan kerja Pemprov Kaltara tersebut telah memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang dipersyaratkan.

Sesuai amanat UU Nomor 5 disebutkan promosi jabatan pimpinan tinggi dilakukan secara terbuka dan harus memenuhi standar yang dipersyaratkan diantaranya meliputi kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan lain yang diperlukan.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berkomitmen melaksanakan uji kompetensi sebelum melakukan kebijakan pengisian jabatan tinggi secara terbuka. Sebab dengan adanya assessment test, Pemprov Kaltara akan memiliki bank data atau database kompetensi pejabat struktural, sehingga akan memudahkan penerapan kebijakan aparatur yang berbasis merit system atau berupa kesesuaian antara kecakapan yang dimiliki asn dengan jabatan yang dipercayakan kepada dirinya.

Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara berharap kepada peserta yang mengikuti seleksi 11 jabatan tinggi pratama dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara ini dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dari awal hingga akhir sesuai rangkaian pelaksanaannya sehingga dari tahapan proses seleksi nantinya, jabatan tinggi pratama yang kosong di Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara akan diisi oleh orang yang benar-benar kompeten dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Daftar Lampiran Peserta


Loading Facebook Comments ...