Tak Semua Peserta CPNS Hadir

  • 0

Tak Semua Peserta CPNS Hadir

Category : Berita

PROKAL.CO, Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Pemprov Kaltara yang memasuki hari kedua, Kamis (12/10), masih terdapat beberapa peserta yang absen. Data yang diperoleh dari panitia seleksi, sebanyak 10 peserta tidak hadir.

 

Untuk peserta yang lolos SKD hari kedua hingga sesi kelima yang selesai pukul 20.00 Wita, berjumlah 111 orang, terdiri dari jenjang D-3 sebanyak 8 orang, serta jenjang D-4 hingga S-2 sebanyak 103 orang. Jumlah ini lebih sedikit dibanding  hari pertama yang sebanyak 133 orang, terdiri dari 12 jenjang D-3 dan 121 jenjang S-1.

 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara Muhamad Ishak mengatakan, kemampuan setiap peserta berbeda-beda. Orang lain yang melihat belum tentu bisa menjawab semua pertanyaan dalam tes tersebut dengan benar.

 

“Kita sendiri kalau ikut tes juga belum tentu bisa. Saya sendiri tidak tahu bentuk soalnya seperti apa. Faktor usia bisa saja memengaruhi, kita belum tahu yang lolos ini kelahiran tahun berapa, dalam tanda kutip kalau yang usia lama (lebih tua) sudah lama tidak mempelajari atau yang fresh graduate,” tuturnya.

 

Untuk itu, Ishak mengimbau kepada peserta yang belum mengikuti tes SKD untuk lebih banyak belajar tentang soal-soal. Semua materi, kata dia, sudah banyak beredar, baik di buku, website atau media lainnya. “Semua sudah tersedia, bahan sudah ada. Manfaatkan waktu yang ada untuk belajar,” pesannya.

 

Ditanya soal tahap selanjutnya, yakni seleksi kompetensi bidang (SKB), Ishak mengaku belum bisa memastikan. Namun, pihaknya sudah menyampaikan kondisi yang ada kepada panitia seleksi nasional (Panselnas) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Menurutnya, pihak panselnas tentu saja sudah memperhitungkan waktu pelaksanaan SKD dengan SKB hingga tahapan akhirnya.

 

“Namun, kita sudah siap kapan pun waktu pelaksanaan SKB nanti. Informasi terakhir dari panselnas, untuk SKB tetap memakai sistem CAT (computer assisted test). Kita lihat nanti berapa jumlah yang lulus dan kapan waktu SKB-nya,” ujarnya. (rus/fen)

Sumber


Loading Facebook Comments ...